(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Mudah Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal

Admin dkpp | 30 April 2019 | 1526 kali

Ikan koi adalah ikan hias yang digemari oleh sebagian besar masyarakat, bahkan di berbagai belahan dunia. Itu karena ikan koi termasuk jenis ikan eksotis. Selain ikan koi dipelihara karena hobi, banyak juga orang yang menganggap bahwa jenis ikan yang satu ini adalah ikan yang dapat membawa keberuntungan. Lalu, bagaimana jika Anda ingin budidaya ikan koi? Anda bisa memanfaatkan kolam terpal sebagai medianya. 

Membuat kolam terpal

Pembuatan kolam ikan terpal bisa dilakukan dengan dua cara, yakni kolam yang dibuat di atas tanah dengan ukuran luas dan ketinggian tertentu ataupun kolam yang dibuat masuk ke tanah dengan ukuran luas dan kedalaman tertentu pula. Untuk kolam ikan terpal yang dibuat di atas tanah, kita perlu membuat kerangkanya, bisa dari bahan kayu-kayu tertentu ataupun dari bahan yang lebih solid seperti besi, cor beton, ataupun baja. 

Sementara, untuk kolam ikan terpal yang dibuat menjorok ke dalam tanah, kerangka tidak perlu dibuat karena kita bisa menyandarkan terpal langsung kepada dinding-dinding tanah. Upayakan bahwa kita membuat kolam di lokasi yang tenang dan cukup mendapatkan sinar matahari atau sirkulasi udara. Sementara ukuran luas dan kedalaman kolam menyesuaikan jumlah ikan yang hendak dibudidaya.

Pada umumnya, kolam ikan terpal bisa dibuat dengan ukuran 4 × 5 × 1 meter, yang artinya memiliki lebar 4 meter, panjang 5 meter dan kedalaman 1 meter. Untuk kolam ikan dengan ukuran tersebut, terpal yang akan kita butuhkan yakni berukuran sekitar 6 × 7 meter. Untuk memelihara ikan koi, jenis terpal yang kita pakai adalah yang halus. Setelah kerangka ataupun galian tanah disiapkan, kita tutup dengan terpal dan kita ikat bagian-bagian pinggirnya dengan kuat. Jangan lupa menambahkan ring besi pada bagian terpal yang dilubangi sehingga tidak mudah robek, selanjutnya kita isi air jernih. 

Teknik beternak ikan koi

Setelah kolam siap, kita bisa mulai budidaya ikan koi. Cara ternak ataupun teknik beternak ikan koi tergolong gampang-gampang susah. Akan tetapi, sepanjang kita merawat ikan koi dengan baik, hasilnya pun juga akan baik.

Bibit ikan koi bisa kita dapatkan dengan cara membeli ataupun melakukan proses pembenihan. Untuk proses pembenihan, bisa kita lakukan dengan memasangkan induk jantan dan betina ikan koi yang sudah matang gonad. Pada umumnya, satu induk betina yang siap bertelur bisa dipasangkan dengan tiga induk jantan yang siap untuk membuahi telur dengan sperma.

Jika kita telah menanam bibit di kolam terpal yang kita buat, langkah selanjutnya yakni kita tinggal merawatnya dengan baik. Beri pakan secara teratur serta jaga kondisi dan kebersihan air dengan memasang filter dan pengatur suhu air.

Sumber : https://www.pertanianku.com/mudah-budidaya-ikan-koi-di-kolam-terpal/