(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Mengenal Beragam Jenis Ikan Asin

Admin dkpp | 08 Juli 2019 | 13445 kali

Bau ikan asin yang khas menjadi ciri utama dari produk olahan ini. Pengasinan ikan merupakan salah satu metode pengawetan bahan pangan. Setelah diasinkan, ikan umumnya dapat disimpan lebih lama. Rasanya pun berubah menjadi lebih asin, seperti proses yang dilakukan. Berikut beragam jenis ikan yang umum dijadikan ikan asin.

Ikan teri

Menjadi komoditas ikan asin yang banyak dicari, ikan teri yang sudah diasinkan punya cita rasa yang unik. Ikan laut ini seringkali diasinkan karena ukurannya yang kecil sehingga mudah didistribusikan saat sudah diawetkan. Nilai gizi ikan teri pun tidak perlu diragukan. Karena saat mengonsumsi ikan teri, Anda akan mengonsumsi seluruh bagian tubuhnya.

Ikan jambal roti 

Selain ikan teri, ikan asin yang tak kalah populer adalah ikan jambal roti. Harga ikan asin jenis ini sebenarnya tidaklah murah. Namun karena rasanya yang gurih dan asin, ikan ini pun jadi primadona banyak orang.

Disebut dengan nama jambal roti karena dagingnya yang tebal dan teksturnya mirip dengan roti. Ikan asin jambal roti bisa terbuat dari ikan manyung dan ikan kadukang. Beberapa contoh olahan ikan asin jambal roti antara lain sebagai tumisan ataupun nasi liwet. Ikan ini juga sangat lezat meskipun hanya dengan digoreng dan disajikan bersama sambal.

Ikan gabus 

Ikan gabus jadi salah satu jenis ikan yang paling banyak diasinkan. Ikan asin dari bahan ikan gabus biasanya memiliki harga yang lebih mahal ketimbang ikan asin kebanyakan. Olahan yang biasanya dibuat dari ikan asin gabus adalah balado, cabai hijau, dan digoreng biasa.

Ikan cucut 

Menu olahan ikan asin cucut adalah asem-asem ikan cucut asin. Ikan yang memiliki nama ilmiah Rhizoprionodon acutus ini merupakan ikan bertulang rawan dengan bentuk tubuh yang pipih dan ramping. Di Indonesia, persebarannya cukup merata dan bisa dikonsumsi dalam keadaan segar ataupun diasinkan.

Ikan katamba

Ketika sudah mengalami proses pengasinan, ikan asin katamba merupakan ikan asin termahal. Ikan katamba disebut juga sebagai ikan lencam dari genus Lethrinidae. Ikan ini merupakan ikan laut. Ikan katamba bisa dikonsumsi juga dalam keadaan segar.

Ikan tengiri

Tak kalah, ikan tengiri asin juga menjadi salah satu primadona. Rasa gurih dan asin dari ikan ini sering dimanfaatkan untuk diolah menjadi tumis dan sambal pedas.

Sumber : https://www.pertanianku.com/mengenal-beragam-jenis-ikan-asin/