(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Manfaat Olahan Ikan untuk Kesehatan Ibu dan Pembentukan Otak Janin

Admin dkpp | 24 Juni 2019 | 1294 kali

Apa Anda sudah tahu apa saja manfaat olahan ikan? Sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega-3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin. 

Ikan sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, nilai biologisnya mencapai 90 persen, dengan jaringan pengikat sedikit sehingga lebih mudah dicerna. Hal yang paling penting adalah harganya yang jauh lebih murah dibanding sumber protein lainnya.

Hasil studi peneliti Swedia, Professor Kjell Toren dari Sahlgrenska Academy Gotheburgmengemukakan bahwa anak remaja berusia 15 tahun yang mengonsumsi ikan cenderung lebih cerdas dibandingkan anak remaja yang berusia 18 tahun yang jarang mengonsumsi ikan.

Studi tersebut didapat dari pengamatan hampir 4.000 remaja Swedia dan dipublikasikan dalam Acta Paediatrica menerangkan, bahwa asam lemak omega-3 dan omega-6 pada ikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Setelah mengetahui keistimewaan daging ikan untuk tumbuh kembang anak, ada baiknya para orangtua di rumah mendorong peningkatan konsumsi ikan dengan menghadirkan menu masakan ikan di meja makan.

Walaupun umumnya anak-anak tidak suka memakan ikan karena kerepotan memilah daging dan duri atau karena rasanya, hal ini biasa diatasi orangtua dengan mengolah ikan terlebih dahulu. Salah satu olahan yang disukai anak-anak adalah nugget.

Sumber : https://www.pertanianku.com/manfaat-olahan-ikan-untuk-kesehatan-ibu-dan-pembentukan-otak-janin/