(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Manfaat Ikan Tongkol Ternyata Luar Biasa Lho!

Admin dkpp | 29 Agustus 2019 | 9287 kali

Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan nutrisi karena kandungan protein, asam lemak omega-3, dan mikro nutrien. Ikan tongkol juga kaya akan vitamin B12, selenium, niacin, fosfor, magnesium, riboflavin, vitamin B6, kalium, tiamin, asam pantotenat, zat besi, tembaga, dan vitamin A. Oleh karena itu, manfaat ikan tongkol sangat baik untuk kesehatan. 

Melansir dari Dr. Axe, American Heart Association sebenarnya merekomendasikan kita untuk memasukkan setidaknya dua porsi ikan berlemak dalam diet mingguan untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. Lalu, apa saja manfaat ikan tongkol untuk kesehatan?

1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi kesehatan yang kerap terjadi pada banyak orang. Saat tekanan darah kita tinggi, ini membuat jantung kita bekerja lebih keras dalam memompa darah sehingga memiliki risiko penyakit jantung. Ikan tongkol dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Atherosclerosis, menyatakan konsumsi ikan tongkol secara rutin akan menurunkan tekanan darah secara signifikan. Penelitian ini melibatkan 12 pria bertekanan darah tinggi yang mengonsumsi tiga kaleng ikan tongkol setiap hari selama delapan bulan.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan di seluruh tubuh. Kita memang membutuhkan kolesterol, tetapi jika dalam tingkat yang terlalu banyak akan menumpuk di dalam darah dan menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengeras.

Oleh karena itu, ikan tongkol dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Menurunkan kadar kolesterol tidak hanya dengan mengonsumsi ikan tongkol melainkan mengurangi makanan cepat saji, melakukan olahraga rutin, dan menghindari stres.

3. Membantu melawan depresi

Ikan tongkol mengandung asam lemak omega-3, jenis lemak yang telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Beberapa penelitian mengatakan asam lemak omega-3 ini dapat membantu Anda dari depresi.

Jurnal CNS Neuroscience & Therapeutics mengatakan bahwa asam lemak omega-3 mampu mengurangi gejala depresi hingga 50 persen pada mereka yang mengalami depresi berat, gangguan bipolar, dan depresi berat masa kanak-kanak.

Selain mengurangi depresi dengan mengonsumsi ikan tongkol, Anda juga harus menyempatkan beraktivitas di luar ruangan, makan makanan yang kaya akan probiotik dan mengikuti diet yang seimbang.

4. Menurunkan berat badan

Ikan tongkol yang kaya akan lemak sehat dan protein membuat Anda merasa tetap kenyang. Penelitian telah menemukan bahwa protein dan lemak menurunkan kadar ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar, lebih dari karbohidrat. Dengan 20 gram protein, 15 gram lemak dan nol karbohidrat per sajian, ikan tongkol bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet.

Namun, pastikan untuk memasangkannya dengan makanan tinggi protein dan serat tinggi lainnya untuk mencapai hasil maksimal. Ikan tongkol yang kaya akan nutrisi memberikan manfaat kesehatan Anda terutama membuat kurus dan atasi depresi.

Sumber : https://www.pertanianku.com/manfaat-ikan-tongkol-ternyata-luar-biasa-lho/