(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Konsumsi Ikan Bisa Perbaiki IQ dan Tngkatkan Kualitas Tidur

Admin dkpp | 29 Juli 2019 | 614 kali

Sebuah studi menyebutkan, konsumsi ikan bisa perbaiki IQ (Intelligence Quotient) dan tingkatkan kualitas tidur pada anak. 

Menurut studi baru yang dilakukan para peneliti Amerika Serikat, anak-anak yang mengonsumsi ikan sedikitnya sekali dalam sepekan rata-rata kualitas tidurnya membaik. Selain itu, skor tes IQ mereka juga lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang jarang atau tidak pernah makan ikan.

Para peneliti dari University of Pennsylvania melakukan studi pada 541 anak usia 9—11 tahun. Tujuannya, menguji hubungan antara omega-3, asam lemak yang ada pada banyak jenis ikan, dan inteligensia serta tidur yang lebih baik.

Anak-anak yang meliputi 54 persen lelaki dan 46 persen perempuan itu disurvei mengenai konsumsi ikan mereka dalam sebulan terakhir. Sementara, para orangtua ditanya tentang kualitas tidur anak-anak saat malam dan siang.

Anak-anak lelaki dan perempuan itu juga diminta menjalani tes IQ untuk menguji kemampuan verbal dan non-verbal mereka.

Para peneliti mendapati anak-anak yang setiap pekan makan ikan skor tes IQ mereka 4,8 poin lebih tinggi dibanding mereka yang “jarang” atau bahkan “tidak pernah” konsumsi ikan.

Menurut studi yang dikutip kantor berita Xinhua, dibandingkan tidak makan ikan sama sekali, bahkan anak-anak yang jarang makan ikan saja bisa mendapat skor tes IQ hingga 3,3 poin lebih tinggi.

Anak-anak yang mengonsumsi ikan lebih banyak dalam diet mereka juga dilaporkan lebih sedikit mengalami gangguan tidur dan secara keseluruhan kualitas tidurnya lebih baik. Hal itu berdasarkan studi yang hasilnya disiarkan di Scientific Reports pada edisi terkini jurnal Nature.

“Kurang tidur berhubungan dengan perilaku antisosial; kognisi yang buruk berhubungan dengan perilaku antisosial,” kata Adrian Raine, profesor dari Penn Integrates Knowledge, University of Pennsylvania, yang terlibat dalam studi itu.

Sumber : https://www.pertanianku.com/konsumsi-ikan-bisa-perbaiki-iq-dan-tngkatkan-kualitas-tidur/