(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Ikan Tuna Ini Laku 43,7 Miliar Rupiah

Admin dkpp | 16 Januari 2019 | 996 kali

Seekor ikan tuna di Jepang laku Rp43,7 miliar atau setara dengan 333,6 juta yen. Harga yang dicapai ini merupakan rekor perdana pelelangan di pasar ikan Tokyo yang menggantikan pasar legendaris Tsukiji.

Sang pemenang lelang, Kiyoshi Kimura, berhasil membawa pulang ikan tuna seberat 278 kilogram setelah memecahkan rekor sebelumnya, yaitu 115 juta yen atau setara Rp20,3 miliar pada 2013 lalu.

“Ini tuna terbaik. Saya bisa membeli tuna lezat yang super segar,” kata Kimura dengan bangga seperti diberitakan AFP

Rekor ikan tuna termahal ini menjadi rekor perdana di pasar yang baru setelah direlokasi. Di lokasi yang baru, tepatnya Toyosu, pasar ini menempati bekas pabrik gas.

Pasar Tsukiji dibuka pada 1935. Selain menjadi pasar ikan yang terkenal dengan pelelangan tunanya, Tsukiji juga objek wisata populer di dunia. Secara resmi, Tsukiji berpindah lebih ke timur di Toyosu pada Oktober 2018.

Beragam ikan tuna yang ada di Pasar Tsukiji ditangkap dari seluruh penjuru dunia. Nah, ikan tuna termahal perdana di lokasi yang baru ini ditangkap di lepas pantai utara Jepang.

Lelang memang menjadi ciri khas Pasar Tsukiji. Harga akan melonjak tinggi untuk ikan terbesar dan terbaik kualitasnya. Para pemburu ikan tuna segar ini sudah siap sejak pagi buta memeriksa kualitas-kualitas tuna segar yang ditangkap nelayan.

Pasar yang baru ini memang berusaha menghidupkan kembali kekhasan atau keunikan yang bisa menjadi daya tarik wisatawan. Para pelaku di pasar ini berusaha menghidupkan apa yang sebelumnya ada di Pasar Tsukiji lama, salah satunya dengan lelang.

“Akhirnya, lelang tahun baru pertama diadakan di Toyosu,” kata seorang pejabat pasar, Yoshihiko Otaki. “Di sini juga kami masih punya banyak tuna. Apa yang kami lakukan di sini sama seperti di Tsukiji,” tambahnya.

Sumber : https://www.pertanianku.com/ikan-tuna-ini-laku-437-miliar-rupiah/