(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Bukan Hanya Ikan, Hewan Air Ini Juga Diasinkan

Admin dkpp | 09 Juli 2019 | 1519 kali

Beragam jenis ikan asin di Indonesia banyak dikenal. Mulai dari ikan teri, ikan jambal roti, hingga ikan katamba sering diolah menjadi beragam olahan yang menggoda selera. Ternyata, jenis hewan air yang diasinkan tidak hanya ikan. Masih ada udang dan cumi-cumi asin yang tidak kalah populer ketimbang ikan asin.

Cumi

Dikenal dengan nama lain juhi, ukuran cumi yang dibuat menjadi cumi asin ini jauh lebih kecil ketimbang cumi yang dikonsumsi dalam keadaan segar pada umumnya. Cumi asin ini pun memiliki tekstur yang kering karena air dalam cumi terikat oleh garam. Rasanya pun lebih asin.

Di pasaran, cumi ini dijual dalam kemasan kecil. Namun, cumi asin juga bisa dibeli per kilo. Olahan yang paling populer dari cumi asin ini adalah tumis cumi asin. Selain itu, cumi asin juga bisa diolah menjadi cumi asin balado dan nasi goreng cumi asin.

Cumi yang diasinkan ini pada dasarnya sama seperti cumi kebanyakan. Ia berasal dari jenis cumi sero ataupun cumi telur. Hanya saja ukurannya jauh lebih kecil ketimbang permintaan pasar. Oleh karena itu, pengasinan adalah cara agar harga cumi-cumi ini tidak jatuh dan masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Udang asin

Pernahkah Anda mengonsumsi udang kecil yang diasinkan? Sebutan bagi olahan udang yang satu ini lebih populer dengan nama rebon. Alih-alih udang besar yang banyak disajikan dengan menu asam manis, udang rebon asin memiliki ukuran yang sangat kecil. Udang ini sendiri banyak diolah menjadi masakan lezat.

Jenis udang asin yang kedua adalah ebi. Ukuran ebi lebih besar daripada udang rebon. Sama seperti rebon, ebi juga dikeringkan dengan bantuan garam. Jika direndam dalam air panas, ebi akan mengembang dan ukurannya menjadi lebih besar. Ebi biasa digunakan sebagai bahan tumisan, sambal goreng, ataupun campuran kering kentang.

Selain itu, ada pula udang asin yang memiliki ukuran yang lebih besar. Udang asin yang satu ini diolah dengan cara mengeringkan udang dengan bantuan garam. Pembuatannya mirip dengan pembuatan ikan asin. Cara pengolahan udang ini pun hampir sama, yakni direbus hingga lunak supaya kandungan garamnya berkurang. Kemudian udang dimasak seperti biasa

Sumber : https://www.pertanianku.com/bukan-hanya-ikan-hewan-air-ini-juga-diasinkan/