(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Bantuan Benih Ikan Bermutu untuk Genjot Produksi Budidaya Perikanan

Admin dkpp | 12 Agustus 2020 | 373 kali

Salah satu upaya untuk menggenjot produksi budidaya perikanan di Indonesia adalah mendistribusikan benih ikan bermutu ke daerah-daerah di Indonesia agar pembudidaya ikan bisa menggunakan benih ikan bermutu. 

Bantuan yang disalurkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merupakan salah satu cara untuk menjaga persediaan komoditas perikanan. Pasalnya, ikan merupakan bahan pangan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Oleh karena itu, KKP berupaya terus meningkatkan produktivitas budidaya perikanan, seperti perikanan air tawar.

“Upaya mendongkrak produksi perikanan budidaya sudah menjadi keharusan apalagi di tengah pandmei seperti sekarang. Oleh karenanya kami terus menyalurkan bantuan benih ke daerah-daerah agar produksi perikanan budidaya nasional terus meningkat, guna memenuhi kebutuhan pangan nasional.

Slamet menjelaskan, program bantuan benih ikan merupakan bagian dari Program Prioritas Nasional KKP melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB). Rencananya, lebih kurang sebanyak 48,96 juta ekor benih ikan air tawar akan diberikan sebagai bantuan. Program ini diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk meningkatkan produksi budidaya ikan air tawar hingga sebesar 8.568 ton.

“Hingga bulan Juli 2020, kami sudah berhasil menyalurkan bantuan benih ikan air tawar kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) sebanyak 17,85 juta ekor dari komoditas unggulan masing-masing UPT DJPB yang tersebar di seluruh Indonesia,” papar Slamet. 

Upaya pemberian bantuan benih ikan ini juga diharapkan mampu meningkatkan semangat para pembudidaya untuk melakukan usaha dan membantu pokdakan yang sedang kesulitan mendapatkan benih ikan bermutu.

Salat satu UPT DJPB yang memproduksi dan menyalurkan benih bermutu sebagai bantuan prioritas adalah Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gela, Jambi. Targetnya, tahun ini BPBAT Sungai Gelam dapat menyalurkan bantuan benih ikan tawar sebanyak 10,38 juta ekor kepada pokdakan yang berada di Sumatera, Provinsi Bangka Belitung, dan Provinsi Kepulauan Riau. Hingga saat ini, ikan air tawar masih disukai oleh masyarakat di Indonesia, hal tersebut menyebabkan permintaan ikan air tawar terus bergeliat. Namun, terkadang permasalahan yang sering dihadapi pembudidaya adalah jumlah benih yang terbatas. Dengan adanya bantuan ini, para pokdakan bisa mengajukan proposal bantuan benih ikan kepada DJPB untuk mendapatkan benih ikan bermutu sehingga produktivitas meningkat.

Sumber : https://www.pertanianku.com/bantuan-benih-ikan-bermutu-untuk-genjot-produksi-budidaya-perikanan/