(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Aplikasi Gemarikan, Terobosan KKP untuk Mengajak Masyarakat Mengonsumsi Ikan

Admin dkpp | 22 Desember 2020 | 547 kali

Gemarikan atau Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan merupakan program yang diusung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan jumlah konsumsi ikan di Indonesia. Kini, upaya tersebut semakin didukung dengan adanya aplikasi Gemarikan. 

Aplikasi Gemarikan secara resmi dirilis pada 27 November 2020. Aplikasi ini sudah bisa diunduh oleh masyarakat melalui Google Play Store. Melalui Gemarikan, masyarakat bisa mendapatkan seluruh informasi yang terkait dengan perikanan, mulai dari informasi kandungan gizi hingga resep masakan yang lezat.

“Tinggal instal aplikasi Gemarikan dari Play Store, masyarakat akan mendapatkan semua informasi terkait dengan Gemarikan mulai dari katalog ikan, olahan ikan, resep masakan, restoran hingga UMKM perikanan,” papar Artati Widiarti, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan seperti dilansir dari laman kkp.go.id.

Ikan dianggap sebagai salah satu asupan yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Kandungan tersebut berguna untuk membantu perkembangan mata, otak, dan jaringan syaraf. 

Di dalam ikan juga mengandung asam amino yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Selain itu, ikan juga mengandung vitamin D dan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan tulang.

Gerakan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan generasi anak bangsa yang cerdas dan sehat. Tingkat konsumsi olahan ikan yang kecil dapat berpengaruh langsung terhadap kondisi industri pengolahan ikan dan kesejahteraan nelayan Indonesia. Oleh karena itu, program ini juga digalakkan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Makin banyak orang yang mengonsumsi ikan, pendapatan yang diperoleh nelayan dan industri pengolahan ikan akan meningkat. 

Meningkatkan angka konsumsi makan ikan merupakan solusi yang dapat mendatangkan manfaat yang ganda, yaitu meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan gairah sektor perikanan di Indonesia.

Aplikasi ini bisa mengedukasi masyarkat agar mengetahui produk perikanan yang menyehatkan. Masyarakat perlu mengetahui bahwa ada beberapa produk perikanan yang kurang bagus untuk dikonsumsi. Produk tersebut biasanya berasal dari lingkungan yang sudah tercemar atau karena kondisinya yang sudah tidak segar.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/aplikasi-gemarikan-terobosan-kkp-untuk-mengajak-masyarakat-mengonsumsi-ikan/