(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Tim Penyelam Rescue Penimbangan Lestari Bantu Pencarian Astawan

Admin dkpp | 01 Desember 2020 | 158 kali

Baktiseraga, Tim Penyelam Rescue dari Pokmaswas Penimbangan Lestari, Desa Baktiseraga turun langsung dalam upaya pencarian salah seorang nelayan yang tenggelam saat melakukan aktifitas spearfishing di Pemuteran yang sebelumnya pernah ikut dalam Proyek ICRG di Desa Baktiseraga.

Kendati sudah memasuki hari ke tujuh, hasil pencarian terhadap salah seorang nelayan asal Desa Pemuteran, Kadek Astawan yang hilang saat mencari ikan masih nihil. Sebelum di dinyatakan menghilang, korban pernah mengikuti kegiatan penataan struktur terumbu karang Program Pemulihan Ekonomi Nasional Indonesia Coral Reef Garden (ICRG) di Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng bergabung bersama tim penyelam dari Pokmaswas Penimbangan Lestari. 

Dalam keseharian mengikuti proyek ICRG, Astawan dikenal sebagai pribadi yang pendiam dan mudah bergaul dengan rekan-rekannya. Hal tersebut diungkapkan koordinator penyelam ICRG Penimbangan, Gede Wiadnyana saat dikonfirmasi via telepon, Senin 1 Februari 2021. “ Jadi kepribadian kadek astawan ini sangat pendiam dan mudah sekali bergaul bersama kami di tim penyelam, mendengar kabar dia hilang kami sempat kaget dan tidak percaya karena yang bersangkutan kita tau memiliki kemampuan untuk menyelam yang sudah tidak diragukan lagi, tetapi karena kita berbicara dengan alam ya apaun bisa terjadi” ungkapnya.

Sebagai bentuk solidaritas, Tim penyelam rescue yang tergabung dari anggota pokmaswas penimbangan lestari bersama anggota Perkumpulan Penyelam Profesional Bali (P3B) memutuskan untuk ikut melakukan pencarian terhadap korban dihari ke tujuh.

Lanjut wiadnyana menambahkan, rencana awal kegiatan pencarian dilakukan di permukaan dengan menggunakan bantuan perahu, jika memungkinkan akan dilakukan penyelaman namun sebatas free diving mengingat kondisi menghilangnya di area kedalaman yang memang memerlukan bantuan peralatan khusus. “kami bersama P3B provinsi menunggu komando jika memang harus turun menyelam kita akan menyelam tetapi sebatas dipermukaan, tetapi kami akan berusaha melakukan pencarian semaksimal mungkin” pungkasnya.(eta/ags)

SUMBER : https://www.gunturfm.com/tim-penyelam-rescue-penimbangan-lestari-bantu-pencarian-astawan/