(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Pokmaswas Teluk Sumberkima terbentuk, Fokus Petakan Potensi Kelautan

Admin dkpp | 01 Februari 2021 | 243 kali

Sumberkima, Sebagai upaya menjaga serta melestarikan potensi kelautan yang ada di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Teluk Sumberkima dibentuk.

Sebagai salah satu wilayah yang memiliki kekayaan sumber daya kelautan yang ada di Kabupaten Buleleng, Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak mulai serius untuk melakukan pengembangan serta pengawasan terhadap sumber daya yang dimiliki. Hal tersebut dibuktikan dengan terbentuk Kelompok Mayarakat Pengawas (Pokmaswas) yang diberi nama Teluk Sumberkima.
 
Ketua Pokmaswas Teluk Sumberkima, Putu Mangku Mariasa mengungkapkan, dari berbagai potensi yang dimiliki Desa Sumberkima, sebagian belum dikelola dan diawasi secara maksimal, untuk itulah kedepan keberadaan pokmaswas ini diharapkan bisa mengawasi pemanfaatan serta potensi kelautan yang ada. “Selama ini banyak sekali ada potensi di Desa yang bisa kita garap namun belum di manfaatkan secara maksimal, sehingga kita dari masyarakat dan untuk masyarakan kedepan membentuk kelompok pengawas ini” ungkapnya.

Lanjut Mariasa menambahkan, kedepan pihaknya bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat dalam upaya pengawasan wilayah laut Desa Sumberkima yang nantinya bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk wisata edukasi. “untuk kedepannya mungkit kita akan kolaborasikan dengan pihak terkait untuk untuk membuat konsep edu wisata atau edukasi wisata” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng Gede Melandrat mengungkapkan, pihaknya berharap dengan terbentuknya pokmaswas ini bisa menjadi contoh untuk desa lain dalam upaya pengawasan wilayah untuk kelestarian lingkungan yang didasari kesadaran dari masyarakat. “Tanpa uluran tangan dari masyarakat yang perduli terhadap wilayahnya, permasalahan tidak bisa clear untuk di selesaikan oleh pemerintah saja, tetapi dengan keberadaan kelompok pengawas ini tentunya bisa membantu dalam upaya pelestarian dan pengawasan dan penyadaran untuk masyarakat dalam upaya menjaga wilayah pantainya masing-masing” terangnya.(eta/ags)

SUMBER : https://www.gunturfm.com/pokmaswas-teluk-sumberkima-terbentuk-fokus-petakan-potensi-kelautan/