(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

KOMODITAS RUMPUT LAUT UNGGULAN BALI BARAT DENGAN BERBAGAI MANFAAT

Admin dkpp | 20 Juni 2023 | 254 kali

Dengan seiring berjalannya waktu pembudidaya komoditas rumput laut unggulan terus berkembang dan semakin maju salah satunya di Desa Musi, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali yang pada saat ini sedang melakukan budidaya anggur laut, salah satu kegiatan budidaya dengan penghasilan yang sangat menjanjikan. Caulerpa Lentillifera atau yang biasa dikenal dengan anggur hijau termasuk kedalam rumput laut yang masuk ke dalam alga hijau. Untuk saat ini anggur laut banyak dicari untuk dimakan langsung, sebagai kosmetik ataupun bahan baku untuk pembuatan obat-obatan.

Pemilik tambak budidaya anggur laut, Kadek Lila Antara memberikan penjelasan mengenai kegiatan budidaya ini yang sudah dimulai sejak tahun 2016 yang pada saat ini bernama PT. Bulung Bali Sejahtera. Menjelaskan bahwa anggur laut ini hidupnya sangat sensitif dengan cahaya matahari, kualitas air dan juga suhu pada daerah tempat budidaya. Tekstur tersendiri pada saat memakan anggur laut ini dapat menciptakan rasa meletus pada saat menggigitnya, yang dipercaya dapat menjaga kesehatan dan dipercaya dapat membuat umur lebih panjang dan awet muda.

Caulerpa Lentillifera sangat kaya akan kandungan mineral dan protein yang dimiliki seperti adanya kalsium, magnesium, fosfor dan tembaga yang memberikan kandungan baik bagi tubuh. Selain itu juga kaya akan vitamin A, C, E serta kandungan yodium yang tinggi maka jika dipanen dengan cara yang kurang benar anggur laut ini akan terasa sangat asin. Dari kandungan tersebut dapat memperkuat tulang dan juga sendi juga mengatasi terjadinya penuaan dini, meningkatkan kesehatan pada mata dan juga jantung, dapat mencegah hipertensi dan juga diabetes, menjaga kesehatan kulit dan juga rambut, sebagai penurun berat badan dan dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, dank arena mengandung yodium anggur laut ini dapat mencegah penyakit gondok atau pembesaran kelenjar tiroid yang tidak normal. 

Produksi anggur laut ini banyak dicari mulai dari restoran- restoran ternama dan pabrik kosmetik lokal dan perseorangan yang menyukai konsumsi anggur laut ini. Pemasarannya pun tidak hanya di daerah Bali saja, tetapi hasil dari budidaya ini banyak dikirim ke luar daerah seperti Jakarta, Jogjakarta, Kalimatan, Surabaya dan juga daerah lainnya. Karena permintaan pasar yang sangat tinggi dan produksi hasil anggur laut masih sangat kurang dari tingginya permintaan pasar, untuk saat ini PT. Bulung Bali Sejahtera masih secara perlahan berusaha agar dapat memenuhi permintaan pasar. 

Produk budidaya ini penjualannya dapat dikatakan dengan tingkatan harga yang lumayan cukup mahal per kilogramnya, karena sudah terlihat jelas dari segi kandungan dan gizi yang dimilikinya. Tanpa adanya pengolahan pun anggur laut ini dapat lebih bermanfaat dan menangkal berbagai macam jumlah penyakit. “Orang Jepang biasanya memakan anggur laut ini secara langsung agar tetap awet muda,” ucap bapak Kadek Lila Antara. Sistem yang digunakan pada PT. Bulung Bali Sejahtera ini menggunakan system budidaya dalam bak, dengan melakukan budidaya pada daerah tropis di Buleleng ini merupakan sebuah keberuntungan dibandingkan dengan melakukan budidaya di Jepang, karena disana hanya dapat melakukan panen pada musim panas sedangkan pada daerah tropis dapat melakukan panen pada semua musim.

Penulis: Putu Dhena Viyanti Widianita

Profesi: Mahasiswa

Instansi: Universitas Pendidikan Ganesha