(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Varietas Gandum yang Mampu Tumbuh Subur di Indonesia

Admin dkpp | 30 April 2022 | 95 kali

Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian, Karlina Syahruddin, M. Si., menjelaskan, saat ini sudah ada beberapa varietas gandum tropis yang cocok dikembangkan di Indonesia. Tahukah Anda, gandum pun mampu tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia.

Selama ini Indonesia memenuhi kebutuhan gandum dengan mengimpornya dari beberapa negara, seperti Australia, Ukraina, Kanada, Argentina, Amerika Serikat, Bulgaria, Moldova, Rusia, India, dan lain-lain. Umumnya, tanaman purba ini tumbuh subur di wilayah subtropis dengan temperatur 10–25C dan curah hujan 350–1.250 mm.

“Gandum dapat tumbuh di wilayah tropis seperti Indonesia, namun hanya jenis gandum spring yang dapat memberikan hasil panen yang cukup baik. Gandum dapat berkembang sangat baik di daerah dengan suhu yang rendah untuk merangsang pembungaan, biasanya kriteria wilayah seperti ini berada di dataran tinggi dengan elevasi ketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut,”

Plt. Kepala Balitbangtan Prof. Dr. Fadjry Djufry, mengungkapkan, Balitbangtan sudah sejak lama melakukan penelitian dan perakitan varietas gandum tropis.

“Balitbangtan juga lakukan penelitian varietas unggul gandum. Hasilnya adalah telah dilepas varietas Nias dan Timor pada tahun 1993, varietas Selayar pada tahun 2003, dan varietas Dewata pada tahun 2004. Keempatnya merupakan varietas gandum dataran tinggi dengan rata-rata hasil masing-masing 2,0 ton/hektare, 2,0 ton/hektare, 2,95 ton/hektare, dan 2,04–2,96 ton/hektare,” tutur Fadjry.

Balitbangtan juga sudah melepas varietas unggul yang dihasilkan dari konsorsium penelitan bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan beberapa perguruan tinggi. Varietas unggul tersebut adalah Guri-1 dan Guri-2 pada 2013. Selanjutnya, pada 2014 dilepas varietas Guri-3 Agritan, Guri-4 Agritan, Guri-5 Agritan, dan Guri-6 UNAND. Keenam varietas tersebut memiliki potensi hasil masing-masing sebesar 7,4 ton/hektare, 7,2 ton/hektare, 7,5 ton/hektare, 8,6 ton/hektare, 5,1 ton/hektare, dan 5,3 ton/hektare.

Sumber : https://www.pertanianku.com/varietas-gandum-yang-mampu-tumbuh-subur-di-indonesia/