(0362) 21440
dkpp@bulelengkab.go.id
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan

Kelemahan Magot Hidup sebagai Pakan Ikan

Admin dkpp | 26 April 2022 | 607 kali

Saat ini magot telah menjadi pakan alami yang diandalkan oleh pembudidaya karena dapat menyuplai nutrisi yang dibutuhkan. Pada dasarnya magot merupakan salah satu fase dari siklus serangga dan memiliki keterbatasan atau rentang waktu karena akan melanjutkan fase berikutnya, yaitu stadium prepupa. Oleh karena itu, pakan magot perlu dikelola dengan baik agar bisa berfungsi sebagai pakan ikan.

Magot dapat dikonsumsi dalam kondisi hidup atau segar, beku, kering, pasta, dan pelet formulasi. Magot dalam bentuk segar bisa diberikan dalam bentuk hidup ataupun beku. Pakan magot segar lebih cocok diberikan pada ikan yang makan secara interaktif atau menyukai pakan yang bergerak-gerak. Misalnya, ikan koi, arwana, lele, gurami, ikan bala shark, ikan nila, ikan mas, dan ikan bawal.

Pemberian magot bisa dilakukan sejak magot kecil (mini larvae), yakni ketika magot masih berumur satu minggu dengan panjang total 5–6 mm, ukuran sedang dengan panjang total 10–12 mm, dan magot ukuran maksimal dengan panjang total 15–18 mm.

Pakan magot yang diberikan dalam keadaan segar dapat membuat kandungan nutrien yang terdapat di dalamnya tidak berkurang atau rusak. Magot yang masih hidup dan bergerak dapat membuat performa ikan menjadi lebih baik.

Magot yang masih hidup juga tidak memerlukan proses pengolahan yang ekstra sehingga Anda cukup mudah memanfaatkannya sebagai pakan ikan yang kaya nutrisi.

Sayangnya, pakan segar ini memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda waspadai. Magot hidup tidak bisa bertahan lama, hanya sekitar 1–2 minggu. Setelah itu, magot akan berubah menjadi pupa. Bila magot tidak segera diberikan pada ikan, kemungkinan pakan tidak bisa dikonsumsi oleh ikan. Berbeda dengan magot kering yang bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Magot yang masih hidup memiliki lapisan kitin pada kulitnya. Lapisan tersebut sulit dicerna dan membutuhkan waktu yang agak lama. Oleh karena itu, pemberian magot hidup tidak disarankan dalam jumlah banyak dan sekaligus karena dikhawatirkan mengganggu sistem pencernaan ikan.

Sumber : https://www.pertanianku.com/kelemahan-magot-hidup-sebagai-pakan-ikan/